Batu Ruby

Batuan Cantik : Batu Ruby


Batu Ruby adalah salah satu jenis batuan cantik yang termasuk dalam varitas/kelompok ”corundum/ korundum”. Sementara keluarga korundum lain yang berwarna selain merah disebut sebagai batu safir.


Gambar Batu RubyCorundum adalah sebuah kelompok batuan cantik yang memiliki peringkat kekerasan kedua pada skala Mohs setelah berlian yang menduduki peringkat tertinggi dalam hal kekerasan. Dengan nilai kekerasan dan kombinasi warna yang memukau dan bersinar indah maka batu ruby menjadi sangat bernilai dan termasuk dalam golongan batuan cantik ‘precious gemstone’ atau batu mulia.

Penamaan atau istilah ruby berasal dari bahasa latin, yaitu 'ruber' yang berarti merah. Batu ruby termasuk dalam kelompok permata yang memiliki nilai tinggi dan banyak digunakan untuk menghiasi mahkota kerajaan dan perhiasan-perhiasan yang dikenakan oleh para bangsawan terkemuka dari berbagai kerajaan di dunia.

Warna Batu Ruby

Warna batu ruby berkisar dalam warna merah muda, jingga, dan keunguan serta merah kecoklatan, hal tersebut tergantung pada kandungan mineral kromium dan besi yang terdapat didalam struktur isi batu ruby tersebut .

Jenis warna batu ruby yang paling digemari adalah yang disebut dengan ”pigeon blood" atau ”darah merpati", yaitu penampakan warna merah pekat dengan sedikit nuansa warna biru. Warnanya yang indah itulah yang menjadi alasan mengapa ruby menjadi sangat digemari, selain karena  alasan lain yaitu  clarity/kejernihannya .

Kejernihan / Clarity Batu Ruby

Gambar Batu Ruby TanzaniaPada batu ruby sangat umum terdapat inklusi didalamnya dan hal tersebut tidak selalu merupakan indikasi yang menunjukkan kualitas yang rendah pada batu tersebut. Termasuk adanya rutil jarum yang memunculkan fenomena cahaya yang halus laksana sutera, dan apabila batu ruby  tersebut dibentuk dengan potongan cabochon akan menimbulkan efek mata kucing/cat eyes yang sangat langka dan unik.

Adanya inklusi rutil kristal pada batu ruby itulah yang menyebabkan efek cahaya sinar enam bintang (six rayed starlight effect) atau biasa disebut juga dengan fenomena asterism. Batu ruby yang memiliki fenomena  semacam itu  dikenal dengan nama Ruby Star.


Potongan/Bentuk Batu Ruby

Meskipun batu ruby dapat dipotong menjadi berbagai bentuk, namun kebanyakan  batu rubi yang lebih transparan dipotong secara facet atau disebut juga dengan 'brilliant cut', sementara  batu rubi yang kurang transparan dipotong dengan model cabochon.

Sumber Deposit Batu Ruby

  • Myanmar: Selama berabad-abad deposit batu ruby yang paling terkenal adalah di Myanmar (Burma) di kawasan yang bernama Mogok. Dari daerah tersebut dihasilkan batu ruby yang berkualitas baik, yaitu batu rubi yang  berwarna menyerupai darah merpati/pigeoon bood yang dianggap sebagai batu rubi yang paling berharga. Pada awal 1990-an diketemukan sebuah deposit baru yang cukup besar di daerah Mong Hsu .
  • Thailand: batu ruby ditemukan di Thailand, yaitu di wilayah  Chanthaburi. Dari sana dihasilkan  batu ruby yang memiliki warna merah kecokelatan atau merah keunguan. Belakangan produksi batu ruby dari Thailand menurun, dan Chanthaburi sekarang lebih dikenal sebagai pusat untuk pengolahan dan perdagangan permata
  • Sri Lanka: Deposit batu ruby di negara ini terletak di barat daya pulau yaitu di distrik Ratnapura. Batu ruby dari sumber deposit tersebut biasanya berwarna merah muda/light red atau dikenal dengan sebutan ’red raspberry’.
  • Madagaskar: Pada tahun 90-an ditemukan deposit ruby yang cukup besar di pulau raksasa ini, yaitu di lepas pantai Mozambik. Madagaskar sekarang menjadi salah satu produsen batu ruby terkemuka di dunia.
  • Tanzania: Di Sungai Umba, yaitu di barat laut wilayah Tanzania terdapat deposit batu ruby yang memiliki warna merah kecokelatan atau merah keunguan. Disana banyak juga ditambang batu rubi yang berwarna buram/opaque.
  • Beberapa deposit batu ruby yang cukup besar lainnya juga ditemukan di wilayah: Afghanistan, Kamboja , Kenya dan Vietnam.
  • Deposit batu ruby lainnya yang tidak terlalu signifikan juga terdapat di wilayah : Australia, Brazil, India, Malawi, Nepal, Pakistan, Amerika Serikat dan Zimbabwe.
 Facebook Echo Mania

Perawatan/Treatment terhadap Batu Ruby

Perawatan/treatment  yang paling umum untuk batu ruby adalah pemanasan/heating. Umumnya sebelum batu-batu ruby dipotong, terlebih dahulu dipanaskan antara 1700-1800 derajat Celcius selama beberapa jam. Tujuan dari pengobatan dengan cara pemanasan ini adalah untuk meningkatkan warna dan kejelasan/clarity dari batu ruby tersebut.

Pada batu ruby yang memiliki kualitas bawaan lebih rendah dimana banyak terdapat retakan dan celah pada permukaan ataupun didalamnya, biasanya diisi dengan sejenis kaca timah. Metode perawatan ini dikenal dengan istilah ’glass filling’ yang akan menghasilkan batu ruby terlihat memiliki kualitas lebih baik dan dapat dijual dengan harga yang lebih layak dibanding tanpa perlakuan tersebut.

Gemologi Batu Ruby

Spesies                                 :  korundum /corundum
Warna                                   :  merah
Komposisi kimia                :  Al2O3 aluminium oksida
Sistem kristal                     :  trigonal  prisma heksagonal atau tabel,rhombohedrons
Kekerasan                           :  9 (skala Mohs )
Spesifik gravitasi               :  3,97-4,05
Indeks bias                         :  1,762 -1,778
Birefringence                     :  -0,008
Warna streak                     :  Putih ,
Penyerapan spectrum   :  694,693,668,659,610-500,476,475,468
Fluoresensi                         :  carmine red yang kuat


Zodiak, Mitos & Legenda Seputar Batu Ruby

Gambar Ruby Star
Untuk waktu yang lama India dianggap sebagai sumber klasik batu ruby. Dalam bahasa Sansekerta ruby disebut "ratnaraj", yang diterjemahkan sebagai "King of Gemstones". Pada zaman kuno salah satu  yang dianggap sebagai khasiat  utama dari ruby adalah sebagai perlindungan dari kemalangan dan kesehatan yang buruk.

Batu ruby adalah birthstone/batu kelahiran bagi mereka yang lahir di bulan Juli. Dalam kaitannya dengan astrologi, batu ruby adalah batu untuk mereka yang berzodiac Capricorn.

Ruby juga dipakai untuk merayakan pernikahan 15 tahun dan 40 tahun.

Di jaman purbakala, serta pada Abad Pertengahan orang percaya bahwa kosmos tercermin dalam batu permata. Batu Ruby ini terkait dengan planet Mars dan Pluto.

Pemahaman yang berbau mistik atau dinamisme seringkali justru menghidupkan kembali kepercayaan kuno dan seolah mejadi sarana promosi yang ampuh bagi industri permata dan menjadi pemasaran untuk menaikkan  nilai beberapa  jenis permata tertentu.

Kekuatan penyembuhan dari batu permata tetap menjadi isu kontroversial, namun banyak disebutkan bahwa selama berabad-abad hal itu sudah dilakukan oleh para terapis, dukun dan tabib. Apakah itu fakta atau hanya mitos belaka sebenarnya tidak  masalah, jika hal tersebut benar-benar bisa membantu.

Batu ruby dikenal sebagai perlindungan kesehatan umum dan bermanfaat untuk mengurangi sakit pada bagian punggung.

Wallohu 'alam bishawab.

~dari berbagai sumber~


Facebook Echo Mania