Batu Zamrud

Batuan cantik : Batu Zamrud

Batu Zamrud atau Emerald adalah salah satu batuan batuan cantik yang termasuk dalam kategori batu mulia dalam kelompok beryl. Nama Emerald / batu zamrud  berasal dari bahasa Yunani "smaragdos" atau dalam kamus Bahasa Perancis kuno disebut juga "esmeralde", yang memiliki makna 'batu mulia berwarna hijau. 


 Batu Zamrud Image


Batu zamrud memiliki warna hijau yang indah dan tak tertandingi di dunia batuan cantik. Hal ini tidak mengherankan jika kemudian zamrud yang diklasifikasikan sebagai salah satu dari empat batu mulia yang paling termashur bersama dengan batu safir , batu ruby dan berlian. Warna hijau batu zamrud sebenarnya disebabkan oleh jumlah jejak kromium dan vanadium yang berada didalam kandungan batuan cantik tersebut.


Inklusi dalam batu zamrud

Hampir semua batu zamrud alami mengandung karakteristik dimana terdapat inklusi didalam batuan tersebut. Untuk alasan itu zamrud umumnya lebih rapuh daripada keluarga beryl lainnya dan harus ditangani dengan lebih lembut. Hampir semua batu zamrud telah diperlakukan/treatments dengan minyak atau resin untuk mengisi celah-celah kecil yang terdapat didalam batu mulia tersebut.

Kandungan mineral batu zamrud

Batu zamrud atau Emerald, menurut definisi, adalah media atau hijau gelap ke biru hijau beryl , di mana warna hijau berasal dari kotoran kromium, vanadium, atau kombinasi keduanya. Yang paling populer dan berharga batu zamrud yang memiliki warna hijau sedikit kebiruan dengan cahaya / luster yang kemilau. Istilah "batu zamrud colombia" sering digunakan untuk menggambarkan batu zamrud yang memiliki warna hijau agak kebiruan. Sedangkan batu zamrud dengan warna hijau yang lembut kadang-kadang disebut "batu zamrud Brazil", meskipun seringkali mereka didapat dari tambang/mining di Afrika :D

Clarity/Kejernihan batu zamrud

Clarity/Kejernihan dari sebuah batu mulia adalah penting, tetapi pada batu zamrud inklusi ditoleransi lebih dalam dibandingkan dengan hampir semua batu mulia lainnya. Tidak seperti batu mulia jenis beryl lainnya, batu zamrud sering mengandung inklusi dan cacat bawaan lainnya. Kekurangan ini tidak berarti sebagai aspek negatif pada batu zamrud seperti yang terjadi pada batu permata lainnya. Bahkan seringkali kekurangan tersebut dianggap sebagai bagian dari karakter batu zamrud dan digunakan untuk menjamin pembeli bahwa batu mulia tersebut benar-benar berasal dari alam alias batu natural.

~dari berbagai sumber~



Facebook Echo Mania